Sunday 20 March 2011

Persiapan Jamnas

Jambore Nasional merupakan pesta tertinggi bagi para anggota Pramuka Penggalang. Tidak semua anggota Pramuka bisa mengikuti Jambore Nasional karena event ini dilaksanakan lima tahun sekali. Bagi anggota Pramuka penggalang bisa mengikuti Jambore Nasional bila mereka berusia 10-16 tahun dan pada saat itu diselenggarakan Jambore Nasional. Peserta yang paling pas adalah pramuka penggalang yang sedang duduk dibangku kelas 8. Namun tidak menutup kemungkinan bagi mereka yang duduk di kelas 9, namun mereka akan terbentur dengan Ujian Nasional dan seleksi masuk SMA.
Jambore Nasional terakhir dilaksnakan di Jatinangor Jawa Barat pada tahun 2006. Seluruh Kwartir Cabang mengirimkan pasukan penggalangnya. Kwartir Cabang Kapuas mengirimkan 2 regu putra dan dua regu putri berjumlah 40 penggalang dan 4 pembina damping ditambah pinkoncab dan peninjau. Sebelum mereka tampil di Jatinangor mereka  diseleksi ditingkat Gudep, Kwartir Ranting, dan Kwartir Cabang. Setelah terpilih mereka di Training beberapa hari untuk mendapatkan bekal Jamnas.
Jambore Nasional 2011 dilaksanakan di Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatra Selatan. Kwarcab Kapuas merencanakan mengikutkan 2 regu putra dan dua regu putri, akan tetapi kali ini pasukan penggalang yang di bawa bukan 40 orang melainkan 32 orang (16 pa dan16 pi) sesuai ketentuan. Kwarcab Kapuas akan melaksanakan seleksai pada tanggal 05 s.d 07 Mei 2011. Materi yang diseleksikan; pionering, PBB tongkat, pita peta, PP, Orientering Game, Sandi, taksir ukur serta ditambah materi tambahan English Zone, Pentas Seni Budaya, dan ICT. Setiap Kwarran berhak mengirimkan 1 regu pura dan 1 regu putri kecuali Kwarran Selat 3 putra dan 3 putri. Setiap regunya terdiri dari 8 penggalang.
Seteleh terbentuk tim Jamnas maka akan dilaksanakan pembekelan dengan tujuan mereka menguasai materi Jamnas. Mereka juga akan diajarkan Hymne Jamnas dan Mars Jamnas. Setelah pembekalan selesai diharapkan merekan akan mampu atau menguasai semua materi Jamnas.

0 comments:

Post a Comment